Tips Menyimpan Barang di Rumah Mungil

Tips Menyimpan Barang di Rumah Mungil

renovasi-rumahSalah satu kunci utama untuk menata rumah dan menjaga keindahannya adalah kerapian. Yang kerap menjadi persoalan adalah mengurangi banyaknya tumpukan barang di ruang yang serba mungil.

Pasalnya, demi menyimpan berbagai barang kerap kali justru mengambil banyak
lahan sehingga ruangan pun bertambah sempit. Kendati demikian, ada banyak cara untuk menyiasati dalam menyimpan barang di rumah mungil , antara lain dengan:

1. Memanfaatkan area kosong di bawah tangga.
Misalnya pada rumah tipe mungil, area dapur biasanya terhubung langsung dengan area servis di lantai dua, sehingga tangga pun berada di area ini. Buatlah rak di area bawah tangga, kemudian bagilah rak-rak tersebut sesuai dengan kebutuhan. Rak tersebut pun bisa digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan memasak atau bahan-bahan makanan kering, seperti mie instan, kecap, dan lain-lain sehingga tidak terlihat memenuhi area dapur dengan rak atau lemari dinding. Demikian pula area bawah tangga yang berada di ruang tengah untuk menuju ruangan di lantai dua, juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat penyimpanan berbagai barang.

2. Memanfaatkan anak tangga.
Buatlah laci penyimpanan di bagian ini, di mana permukaan anak tangga bisa dibuka untuk menempatkan berbagai barang. Biasanya cara ini ditemui pada tangga yang dibuat dari kayu. Desain tempat tidur anak akhir-akhir ini yang memiliki dua tempat tidur di bagian atas dan bawah pun banyak yang menggunakan cara tersebut pada tangga penghubungnya.

3. Gunakanlah furnitur yang bersifat multifungsi.
Misalnya pada meja, kursi, atau tempat tidur yang bagian bawahnya memiliki laci penyimpanan atau permukaannya bisa dibuka untuk menaruh berbagai barang. Untuk meja tamu, biasanya juga bisa menjadi tempat untuk menyimpan berbagai majalah, sementara laci yang terhubung langsung dengan tempat tidur bisa dimanfaatkan untuk menyimpan selimut, sprei, dan masih banyak lagi.

4. Jika ingin membuat gudang, namun lahan tak mencukupi, bisa disiasati dengan membuat area khusus yang menyerupai mezzanine, hanya saja dengan tinggi 50 cm.
Area ini bisa digunakan khusus untuk menyimpan berbagai barang yang jarang dipakai. Cara ini pun tidak memakan tempat karena terletak dekat dengan langit-langit rumah.

Sumber:http://www.renovasi-rumah.com/hasil.php?module=detailberita&id=80
Link Berkaitan:adamadhava.mpdconsultant.com
Category: 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar